Jokowi Jamin Israel Ikut Piala Dunia U-20 FIFA, Ini Alasannya

Pernyataan Presiden Joko Widodo terkait Piala Dunia U-20, Istana Merdeka, Selasa (28/3/2023). (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Presiden Joko Widodo memastikan Timnas Israel bisa ikut serta dalam event Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia. Jokowi juga menegaskan sikap politik Indonesia tetap mendukung kemerdekaan negara Palestina.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” tegas Jokowi dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023).

Jokowi bilang pada saat ditunjuk menjadi tuan rumah piala Dunia U20, Indonesia belum mengetahui siapa saja peserta yang lolos kualifikasi. Di momen akhir, Timnas Israel akhirnya bisa lolos dan menjadi tim yang berhak berlaga di Piala Dunia U20.

“Saat ditunjuk jadi tuan rumah kita belum tahu mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi dan kepastian Timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U20 baru kita ketahui pada Juli 2022,” tuturnya.

Jokowi memastikan sikap perpolitikan Indonesia tetap mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina. Tidak hanya itu, Indonesia juga mendorong terjadinya perdamaian antara Israel dan Palestina.

“Pertama ini prinsip, prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two states solution. Negara Israel dan Palestina merdeka,” jelas Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*