Misteri Makhluk Pemakan Daging Terpotret di Hutan Kalimantan

Hulu Kayan Mentarang di Kalimantan

Hampir 20 tahun yang lalu, seekor binatang misterius ditemukan di hutan Kalimantan. Namun sepanjang waktu itu, hewan tersebut diliputi misteri.

Foto hewan yang sering disebut sebagai makhluk ‘Kayan Mentarang’ itu diambil tahun 2003, tetapi baru dipublikasikan pada 2005. Tim WWF juga memastikan masyarakat setempat tak mengetahui keberadaan makhluk tersebut.

Hewan pemakan daging atau karnivora itu disebut mirip dengan beberapa spesies. Salah satunya disebut lemur atau ada juga yang menyebutnya seperti musang.

Saking membingungkannya, makhluk yang berpotensi menjadi spesies baru tersebut menyandang banyak nama saat fotonya dipublikasikan. Seorang penulis menyebutnya dengan kucing-rumah, bahkan sebuah surat kabar memberikan label kucing-anjing-rubah-monyet-lemur.

Scientific American menuliskan banyak peneliti yang menyebutkan hewan itu merupakan anggota keluarga dari karnivora. Spesies tersebut memang dikatakan misterius.

Pada Desember 2005 dan Februari 2006, artikel tentang makhluk Kayan Mentarang muncul di berbagai media. Selain telah bertanya kepada penduduk sekitar, tim WWF juga telah bertanya kepada ahli mamalia untuk memberikan indentifikasi spesiesnya. Namun, tidak ada yang berhasil.

Beberapa ahli biologi mencatat kesamaan hewan Kayan Mentarang dengan lemur, dan mengambil kesimpulan bahwa makhluk tersebut adalah viverrid (anggota dari famili musang). Kebanyakan spesies viverrid memang misterius dan sulit dipotret dalam keadaan hidup. Bahkan, banyak spesies yang belum berhasil difoto sama sekali.

Karena ekornya yang panjang, tubuh yang ramping, dan ukurannya yang sebesar kucing, banyak ahli yang mengkategorikan hewan Kayan Mentarang sebagai spesies baru di famili viverrid.

Foto yang diproduksi oleh Wahyu Gumelar dari WWF Indonesia, yang kini sudah tersebar luas, memperkuat bukti bahwa makhluk tersebut adalah spesies baru sejenis musang.

Penemuan makhluk Kayan Mentarang memunculkan semangat untuk mencari lebih banyak spesies baru. Apalagi, ukuran Kalimantan dan topgrafinya membuat lokasi ini menyimpan potensi besar sebagai habitat spesies yang belum pernah terekam sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*