Sandi Uno Usul 20 Negara Bebas Visa Masuk RI, Ini Daftarnya!

Sandi Uno Usul 20 Negara Bebas Visa Masuk RI, Ini Daftarnya!

5 Startup yang Terima Uang dari Saratoga Milik Sandiaga Uno
Pemerintah akan memperluas negara penerima bebas visa ke Indonesia. Setidaknya ada 20 negara yang akan diajukan.
Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno usai rapat internal bersama Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri terkait mengenai visa, di Istana Kepresidenan, Kamis (7/12/2023).

“Rapat tentang bebas visa kunjungan https://slots-kas138.site/ yang merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya,” kata Sandiaga.

Ia mengatakan, dari hasil rapat diputuskan Kemenparekraf mengajukan 20 negara dengan wisatawan mancanegara tertinggi di luar negara yang sudah bebas kunjungan visa. Nantinya daftar negara itu akan disampaikan dalam kurun waktu satu bulan ini kepada Presiden Jokowi.

“Dalam satu bulan ini Presiden menugaskan daftar negara yang akan diajukan untuk bebas kunjungan ini bisa disempurnakan, untuk mendapatkan persetujuan dan ditindaklanjuti dengan kebijakan yang akan memberikan bebas visa kunjungan beberapa negara yang akan kita prioritaskan,” kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan perluasan dalam pemberian bebas visa ini diharapkan memberikan dampak ekonomi dari kunjungan wisatawan mancanegara. Selain itu juga bisa menarik investasi dan kegiatan ekonomi digital.

Di mana nilai ekonomi ke negara dari sektor pariwisata ditargetkan mencapai Rp 200 triliun, dengan menyasar wisatawan mancanegara yang high spender, berkualitas dari sisi lama tinggal dan belanja di Indonesia.

Berikut daftar 20 negara yang diusulkan penerima bebas visa :

1. Australia
2. China
3. India
4. Korea Selatan
5. Amerika
6. Inggris
7. Perancis
8. Jerman
9. Belanda
10. Jepang
11. Rusia
12. Taiwan
13. Selandia Baru
14. Italia
15. Spanyol

Juga 5 negara lain tambahan negara yang berkaitan dengan sumbangsih kontribusi investasi dan ekonomi indonesia, seperti :

16. UEA
17. Arab Saudi
18. Qatar
19. Beberapa negara Timur Tengah lainnya
20. Beberapa negara Timur Tengah lainnya

Namun dari daftar itu masih ada kemungkinan bertambah maupun berkurang. Tergantung dari hubungan negara yang memiliki asas resiprokal atau hubungan timbal balik RI dengan negara lain.

Tidak hanya itu menurut, Sandiaga ada pula usulan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadikan 13 bandara prioritas penerima bebas visa.

“Dari Kementerian BUMN mengusulkan 13 bandara menjadi diprioritaskan untuk menampung kunjungan wisatawan mancanegara yang terbuka bagi wisatawan internasional,” kata Sandiaga.

Sebanyak lima di antaranya merupakan bandara di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), seperti Yogyakarta International Airport, Lombok International Airport, Komodo International Airport, dan Sam Ratulangi International Airport. Juga bandara di Batam, Jakarta, Surabaya, Makassar, Banda Aceh, Jayapura, dan Kertajati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*