Syarat Mencoblos, Ribuan Pemilih Pemula di Cimahi Bisa Lakukan Perekaman KTP-el Selama Long Weekend

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI – Ribuan pemilih pemula di Kota Cimahi yang belum memiliki KTP-el bisa melakukan perekaman selama libur panjang Isra Miraj dan Imlek agar bisa mencoblos pada Pemilu 2024.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi membuka layanan perekaman KTP-el selama libur panjang 8-11 Februari 2024 untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Kepala Disdukcapil Kota Cimahi, Ipah Latifah, mengatakan, perekaman KTP-el bagi ribuan pemilih pemula selama libur panjang tersebut dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi, pagi hingga pukul 14.00 WIB.

Layanan perekaman KTP-el ini akan tetap buka sampai pada hari H pencoblosan. Penyebabnya, masih banyak pemilih pemula di Kota Cimahi yang belum memiliki KTP-el sebagai syarat untuk mencoblos.

Ipah mengatakan, ada 12.822 pemilih pemula di Kota Cimahi yang menjadi target perekaman KTP-el tersebut. Namun, masih banyak yang belum melakukan perekaman.

“Sampai hari ini tersisa sekitar 1.507 pemilih pemula yang belum merekam data. Tapi, kami targetkan bisa beres perekaman pada 14 Februari 2024,” kata Ipah, Kamis (8/2/2024).

Pemilih pemula yang bisa melakukan perekaman selama libur panjang ini, kata dia, khusus untuk pemilih pemula berusia 17 tahun yang mendapat undangan khusus dari Disdukcapil Kota Cimahi.

“Usia pemilih pemula harus 17 tahun pada 14 Oktober 2024. Mereka sudah kita undang secara by name by address. Jadi tinggal dibawa undangannya dan bawa kartu keluarga,” ucapnya.

Selama ini, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar ribuan pemilih pemula tersebut segera melakukan perekaman KTP-el. Di antaranya menyisir ke setiap sekolah dan membuka layanan perekaman di kantor kelurahan.

“Hal ini bagian dari upaya kami jemput bola ke masyarakat demi mensukseskan Pemilu 2024. Dengan adanya layanan tersebut, pemilih pemula bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2024,” ujar Ipah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*